Tata Cara Hingga Hukum Menggunakan Jasa Layanan Aqiqah

under ,

 Tradisi umat Islam setiap kelahiran seorang anak biasanya dirayakan dengan acara aqiqahan. Acara ini memiliki tujuan untuk memanjatkan syukur dan mengungkapkan kebahagiaan kepada Allah SWT. Di dalam acara aqiqah biasanya dilakukan dengan prosesi penyembelihan hewan ternak seperti kambing. Kemudian akan dibagi-bagikan kepada keluarga, tetangga, dan orang-orang yang membutuhkan. Begitu juga dengan acara aqiqah Jombang


Tata Cara Hingga Hukum Menggunakan Jasa Layanan Aqiqah

Tata Cara Aqiqah


Upacara aqiqah biasanya dilakukan pada hari ke-7, ke-4. atau hari ke-21 setelah kelahiran anak. Untuk anak laki-laki, melaksanakan aqiqah wajib memotong dua ekor kambing. Sementara itu untuk anak perempuan satu ekor kambing saja. Secara bahasa, aqiqah ini memiliki arti "memotong" berasal dari bahasa arab "al-qat'u".

Sementara itu menurut istilah, aqiqah memiliki arti sebuah proses kegiatan menyembelih hewan ternak pada hari ketujuh setelah lahirnya bayi. Berikut ini penjelasan lebih lengkap mengenai aqiqah Jombang. 

Hukum Melaksanakan Aqiqah untuk Anak 

Pelaksanaan aqiqah untuk anak merupakan ajaran dari Rasulullah SAW. Jika dilihat dari sisi hukumnya, hukum aqiqah ini adalah sunnah muakkad atau sunnah yang harus diutamakan. Hal ini berarti apabila seorang muslim tersebut mampu untuk melaksanakannya karena memiliki harta yang cukup. Maka dianjurkan untuk melakukan aqiqah untuk anaknya saat masih bayi. 

Sementara itu, untuk orang yang kurang atau tidak mampu pelaksanaan aqiqah bisa ditiadakan. Dalam riwayat Al-Hasan dari Sammuroh radhiyallahu 'anhu, Rasulullah SAW bersabda:

"Semua anak dapat tergadaikan aqiqahnya yang disembelihkan di hari ketujuh, kemudian dicukur rambutnya, dan diberikan nama." HR Ahmad 20722, At-Turmudzi 1605 yang dinilai shahih oleh Al-Albani. 

Hikmah Aqiqah untuk Umat Islam 

Terdapat banyak hikmah dan juga keutamaan yang bisa dipetik dari proses pelaksanaan ibadah aqiqah Jombang ini, diantaranya: 

  1. Dengan melaksanakan aqiqah ini berarti sudah meneladani dan mengikuti sunnah dari Rasulullah SAW. 
  2. Upacara aqiqah dapat membantu untuk mewujudkan rasa syukur terhadap Allah SWT atas semua berkat dan karuniaNya. Hal ini yang berupa anak, karena nantinya anak tersebut diharapkan bisa menjadi penerus yang sholeh dan sholehah untuk keluarganya. 
  3. Upacara aqiqah menjadi momen untuk berbagi kepada sesama dan mempererat tali persaudaraan yakni silaturahmi. 
  4. Aqiqah juga bisa menjadi ungkapan dari perasaan gembira dan upaya membagikan kegembiraan tersebut kepada orang lain. 

Tata Cara Aqiqah untuk Anak 

Ada beberapa tata cara yang dianjurkan dalam melaksanakan aqiqah anak. Waktu yang dianjurkan sesuai dengan hadits Rasulullah SAW, ulama menyepakati waktu terbaik untuk melaksanakan aqiqah adalah hari ke-7 sejak hari kelahiran. Akan tetapi jika terjadi suatu hal, aqiqah dapat dilaksanakan pada hari ke-14 atau ke-21. 

Jika seseorang tersebut berada di kondisi ekonomi yang tidak memungkinkan, maka kewajiban melaksanakan aqiqah akan gugur. Kriteria hewan untuk aqiqah ini serupa dengan pemilihan hewan kurban. Seperti kambing dan domba yang sehat dipilih untuk prosesi aqiqah. Idealnya umur hewan ternai ini sudah menginjak usia 1 tahun. 

Dalam anjuran Islam, daging aqiqah yang sudah disembelih harus dibagikan kepada kerabat, tetangga, atau orang-orang yang kurang mampu. Akan tetapi terdapat perbedaan dalam pembagiannya untuk daging kurban dan daging hasil aqiqah. Untuk pembagiannya, daging aqiqah harus diberikan dalam keadaan yang sudah matang. Tidak boleh seperti daging kurban yang dibagikan dalam kondisi mentah. 

Kemudian disunnahkan juga untuk mencukur rambut dan memberikan nama kepada anak. Sangat dianjurkan untuk memberikan nama dengan arti yang baik. Proses aqiqah anak menjadi tanggung jawab kedua orang tuanya. Tetapi diperbolehkan juga dalam praktiknya prosesi ini dibiayai oleh selain kedua orang tuanya. 

Melakukan Aqiqah Menggunakan Jasa Aqiqah 

Melakukan aqiqah anak melalui jasa layanan aqiqah boleh untuk dilakukan. Meskipun tidak melihat secara langsung proses penyembelihannya. Hal ini termasuk bab taukil yang mewakilkan dan intinya adalah niatnya muwakkil atau orang yang menyerahkan perwakilan dirinya selain dirinya. 

Paling penting adalah niat orang yang mewakilkan prosesi tersebut. Aqiqah ini tidak dapat diganti dengan uang. Itulah tata cara dan hukum melaksanakan aqiqah Jombang dengan menggunakan jasa aqiqah. Melaksanakan aqiqah menjadi hal yang disunnahkan untuk umat muslim. 

No responses yet

Leave a Reply