Pengertian ERP dan Contoh Software ERP


software erp adalah
ERP adalah singkatan yang diambil dari bahasa inggris, yaitu Enterprise Resource Planning, dengan pengertiannya Sistem Informas yang diperuntukkan bagi perusahaan manufaktur maupun jasa yang berperan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek keuangan, produksi, penjualan maupun distribusi di perusahaan yang bersangkutan.

Bisa juga disebut sebagai Back Office System yang mengindikasikan untuk tidak melibatkan pelanggan dan publik secara umum, melainkan kepada pihak – pihak internal yang berkepentingan (stake holder) atas perusahaan tersebut.

Kenapa harus menggunakan ERP?
Secara modular sistem ERP ini menangani proses manufaktur, logistik, distribusi, persediaan (inventory), invoice dan akuntansi perusahaan sehingga akan sangat membantu sekali dalam mengontrol aktifitas bisnis perusahaan Anda seperti penjualan, pengiriman, produksi, manajemen persediaan, manajemen kualitas, sumber daya manusia (SDM) dan lain sebagainya.

Adapun manfaat yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan ERP :

  1. Integrasi Data
  2. Pengintegrasian data keuangan yang lebih detail dan jelas, sehingga top management dapat lebih mudah dalam mengontrol kinerja keuangan perusahaan dengan lebih baik.
  3. Standarisasi Data dan Informasi
  4. Menstandarkan data dan informasi melalui keseragaman pelaporan, terutama untuk perusahaan besar yang memiliki banyak business unit dengan jumlah dan jenis bisnis yang berbeda.
  5. Pengoptimalan Kinerja
  6. Meningkatkan proses kerja, efisiensi, serta mengurangi penggunaan kertas (paperless). Dan format penyajian datanya bisa dipantau lebih mudah dan secara real-time oleh pihak yang bersangkutan (top management).
  7. Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan
  8. Kinerja perusahaan akan lebih cepat dan maksimal, sehingga kegiatan – kegiatan lain yang bersangkutan dengan laporan / data transaksi perusahaan tersebut juga ikut maksimal.
  9. Mempermudah Pencarian Data
  10. Apabila ditemukan sebuah kejanggalan data dari suatu transaksi atau laporan, proses pencarian (tracking) dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Sehingga perbaikan atas informasi bisa dilakukan dengan segera. 
INGAT! Software ERP termasuk sebuah investasi jangka panjang dengan biaya yang sangat mahal, sehingga Anda harus jeli dalam mencari vendor dan kesesuaian modul yang dibutuhkan oleh perusahaan. (Tips mencari vendor Software ERP akan saya bahas di lain waktu ya ^_^ )

Beberapa vendor penyedia Software ERP:
  1. SAP
  2. MyERP Plus (Indonesia)
  3. OpenERP
  4. ORACLE
  5. INTACS
  6. dan masih banyak lagi software ERP terbaik lainnya yang bisa Anda jadikan referensi sebagai vendor. 

sumber: Tentang Software ERP

No responses yet

Leave a Reply